This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Minggu, 20 Februari 2011

Tips membeli mobil baru

Tips membeli mobil baru mengacu pada data mobil baru yang dikeluarkan Polda Metro Jakarta Raya untuk BPKB Kendaraan Roda 4 (mobil) yang valid di Wilayah Jabotabek mencapai angka 3.000 an (30% share nasional) artinya perlu trik khusus supaya tidak salah dalam memilihnya.

Berbagai program sudah dibuat pemerintah untuk mengurangi laju (kebutuhan) Mobil Baru mulai dari Pengenaan 3 in 1 di kawasan jalur protokol, peningkatan pajak progresive kepemilikan kendaraan, rencana pembatasan subsidi BBM Premium dan banyak lagi program lainnya tidaklah membuat kebutuhan akan kendaraan bermotor khususnya mobil berkurang malah cenderung naik dari tahun ke tahun.

GAIKINDO selaku wadah dari team penjualan otomotif nasional menjelaskan kebutuhan kendaraan bermotor berbanding lurus dengan kondisi perekonomian nasional. Sektor otomotifl yang terimbas lebih dulu apabila terjadi goncangan ekonomi makro akat tetapi sebaliknya bila sudah recovery ekonomi, sektor ini pulalah yang lebih dulu bangkit.

Mobil passenger / keluarga trend nya selalu naik, sedangkan mobil niaga fluktuatif sesuai kebutuhan pasar, sehingganya pelaku otomotif berlomba2 menghadirkan model baru untuk Passenger Car, bahkan untuk pemain Besar seperti Toyota, Suzuki, Daihatsu di Indonesia merancang mobil serba guna (MPV) yang bisa dipakai buat keluarga dan juga buat niaga/usaha.

Suzuki menghadirkan APV berhadapan langsung dengan Grand max dan Luxio nya Daihatsu. Toyota dengan Yaris-nya face to face dengan Honda Jazz  dan suzuki Swift

Kebutuhan mobil di Jakarta bagi sebagian orang sudah masuk di kebutuhan ke 5 alias Aktualisasi Diri. Tidak sedikit warga Ibukota ini membeli mobil karna takut keduluan tetangganya yang beli atau garasi mobilnya masih kurang 5 mobil, (sudah seperti showroom aja), sedangkan untuk pembeli mobil niaga membeli mobil lebih kearah kebutuhannya. Seperti : Peremajaan kendaraan operasional, Perkembangan usaha yang maju pesat dan lain sebagainya.

Untuk kebutuhan itu ada beberapa Tips yang mesti diperhatikan saat membeli kendaraan terutama kredit.
  • Kondisi kendaraan yang dipesan Ready Stock atau Indent, ini penting karena kalau posisi indent harga tidaklah mengikat dan sewaktu2 bisa berubah
  • Paket kredit yang ditawarkan biasanya menggunakan Uang Muka (DP) yang ringan tapi biasanya Suku bunga yang dikenakan lebih tinggi dari biasanya. Coba comparasi bunga di beberapa Finance Mobil Seperti : Astra Credit Company (ACC), Oto Multiartha dan BCA-Finance.
  • Suku bunga dai Bank cenderung llebih rendah dari Finance, tetapi proses kreditnya biasanya memakan waktu yang lama (bisa lebih dari 2 minggu). Terkadang Konsumen bisa simulasikan : kalau barang indent ngak ada salahnya pakai Bank, kalau butuh cepat dan barangnya ready, gunakan Finance yang ada tetapi tetap dengan mengkomparasi beberapa paket kredit yang tersedia
  • Setelah proses kredit disetujui Bank/Finance barulah total uang muka dibayar dan jangan lupa menanyakan lamanya proses pengurusan STNK, Biasanya dari pembayaran uang muka Max 2 minggu (bila unit telah tersedia) dan bila kendaraan Buit up (CBU) prosesnya bisa memakan waktu lebih dari 1 bulan ini sebagai bahan pertimbangan bahwa kendaraan BELUM bisa digunakan
  • Perhatikan kelengkapan kendaraan dan Bonus yang diberikan. Biasanya standar dari kendaraan bonusnya adalah Karpet dan kaca Film. Tetapi bila ada event khusus ada promo lainnya berupa hadiah seperti : DVD, TV, Laptop atau Ikut undian berhadiah... (program PRJ).
  • Saat Delivery perhatikan seluruh kelengkapan kendaraan sudah berfungsi dengan baik, kalau ada yang masih kurang segera beritahukan wiraniaga yang bersangkutan untuk segera diperbaiki saat free service 1000 km
Semoga Tips ini bermanfaat bagi kita semua.

Jumat, 18 Februari 2011

Basic Otomotif

Sebelum membahas lebih lanjut masalah Tips dan Trik Otomotif ada baiknya kita bicara dasar otomotif (basic) Kalau dilihat dari rupa, bentuk, kegunaan maka kendaraan roda 4 dapat digolongkan dalam 5 bagian, yaitu :

Pertama mobil penumpang adalah mobil yang biasa digunakan untuk membawa orang. Biasanya yang utama disini adalah kategori sedan

Kedua adalah mobil Niaga. Sesuai dengan namanya mobil ini digunakan untuk cari duit dan yang masuk kelompok ini adalah pick up low end dan truk middle colt diesel serta truk besar tronton.

Ketiga mobil serbaguna yang saat ini lebih dikenal dengan nama MPV (Multi Purpuse Vehicle) dengan peruntukannya bisa buat angkut penumpang, barang bahkan bisa untuk kontuksi jalan yang lembut bahkan jalan rusak/bebatuan. Termasuk dikelompok ini mobil Jeep dan sejenisnya.
Empat ... Mobil sport adalah mobil yang dirancang untuk kegiatan balapan. Seperti mobil buat Rally, F1, Formula BMW termasuk juga gokar.

Terakhir mobil angkatan perang. mobil ini dirancang untuk kegiatan perang. Diantaranya seperti : tank, panser, kendaraan peluncur roket

Semoga bermanfaat

Senin, 14 Februari 2011

Cara Berinvestasi yang aman pada Kendaraan

Uniknya karakter pemilik mobil di Jakarta. Belum lagi mobil yang baru dipesannya sampai di rumah, mereka sudah bertanya "kalau dijual nanti untung atau rugi?" Ampun ... deh  

Investasi yang baik jangan mengunakan benda yang bergerak, seperti mobil, motor dan lainnya. Investasi barang diam akan cenderung nilainya naik dari waktu kewaktu, seperti : Properti, Rumah atau Tanah. Problemnya anak bangsa ini Ingin bisa bergaya, tapi ingin pula berinvestasi. Solusinya ...

Kendaraan Bekas dengan kondisi 5 tahun terakhir. Kenapa ?
  1. Kondisi kendaraan keluarga 5 tahun terakhir masih layak untuk di pergunakan dalam kondisi perjalanan dalan dan luar kota. Yang paling berat di pertimbangkan hanya mengganti Timing Belt untuk menjaga kesehatan mesin dalam kondisi perjalanan jaraak jauh
  2. Tidak membayar Pajak Barang Mewah, Bea Balik nama dari Pabrik kepada pembeli pertama, sehingga lebih ringan biaya Surat suratnya
  3. Perpanjang STNK bisa membuat komitment dengan pemilik kendaraan sebelumnya sehingga bisa lebih murah dalam biaya Pajak tahunannya.
  4. Saat dijual kembali nilai bukunya masih wajar, kalaupun ada penyusutan nilainya (sangat) wajar
Semoga bisa menjadi satu reverensi dalam berinvestasi. Terima kasih

Kamis, 10 Februari 2011

Tips mencari mobil bekas berkualitas

Tips mencari mobil bekas berkualitas  saat melihat di koran pos kota, surat kabar lain, lewat teman, atau di internet. Hati-hati bila membeli mobil bekas dari seorang pedagang, dikarenakan biasanya pedagang memberikan harga sangat tinggi tapi kondisi mobil sangat memprihatinkan. Jangan terlalu terpengaruh oleh bujuk rayu pedagang bisa jadi mobil sudah diakali atau dimundurkan odometernya, tetaplah teliti dan melakukan test.
Berikut beberapa tips membeli Mobil Bekas :

1. Periksa latar belakang mobil tersebut.
Hal ini tidak akan memberikan jaminan bahwa mobil tersebut OK untuk dibeli, namun bisa saja Anda mendapatkan informasi penting semisalnya : ternyata mobil tersebut sudah pernah mengalami tabrakan yang parah atau odometernya sudah pernah dirubah, cat sudah tidak orisinal lagi, atau mesin pernah diganti.

2. Minta tolong rekan Anda yang lebih pandai dalam memilih mobil bekas
Sebaiknya anda ditemani oleh rekan anda yang memang benar-benar mengetahui seluk beluk mobil, mulai dari bodi dan mesin. Ini akan memudahkan anda untuk memutuskan apakah mobil bekas incaran anda patut dibeli atau tidak.

3. Jangan pernah membeli mobil bekas tabrakan yang parah.
Terutama yang terkena tabrakan frontal. Akan ada banyak masalah yang timbul belakangan akibat dari tabrakan parah tersebut. Cara yang paling mudah adalah buka kap mesin mobil, lihat tulang-tulang dibalik kap mesin, lihat tulang2 rangka dekat lampu utama, bila kondisinya tidak lurus atau banyak dempulan, dipastikan mobil pernah mengalami tabrakan yang lumayan parah, urungkan niat membeli mobil tersebut.

4. Jangan langsung membeli mobil bekas saat Anda pertama kali melihatnya
Bersabarlah. Coba dulu mobil tersebut, biasanya masalah akan terdeteksi jika mobil dicoba di jalan terlebih dahulu.

5. Jangan percaya langsung jika pemilik berkata bahwa mobil ini tangan pertama
Dan hanya dipakai di jalan tol saja
. Kemungkinannya adalah mobil tersebut adalah bekas dari perusahaan rental. Pastikan semua surat-surat dalam kondisi lengkap, dan sesuai dengan nomer rangka dan nomer mesin yang terdapat pada kendaraan. Hati-hati mesin mobil sangat mudah di-swap/diganti, jadi pastikan nomer mesin sesuai dengan yang ada di BPKB.

6. Jangan membeli mobil tersebut jika Anda masih merasa bimbang.
Pastikan tidak ada suara-suara mencurigakan saat mesin dihidupkan. Lihat apakah ada kebocoran oli di mesin, kemudian periksa kebelakang apabila bau gas pembuangan membuat perih dimata ada hal yang kurang beres dengan mesinnya. Kalau menurut Anda mesinnya agak berisik, transmisinya kurang halus, agak berkarat, dan sebagainya. Lebih baik Anda mencari mobil bekas lainnya.

7. Jangan beli mobil yang mana Anda harus melakukan "sedikit" perbaikan, karena kenyataannya Anda harus melakukan perbaikan sana-sini tanpa henti-hentinya.
8. Jangan membeli mobil yang bekas terkena banjir. Air dapat menyebakan mobil tersebut berkarat, kerusakan perangkat elektronik, kerusakan pada transmisi, dan sebagainya. Cara termudah melihat mobil apakah pernah terkena banjir adalah dengan mecium aroma interior bila berbau apek tidak sedap semacam bau karpet basah dipastikan mobil bekas terkena banjir. Indikator lain juga bisa dilihat pada lampu2 apakah terdapat kotoran lumpur masih tersisa disana.

9. Periksa harga Merk dan Type dengan kondisi harga baru. Perbandingkan lebih baik dibeli secara kerdit baru atau secara second tapi cash. Karena dibeberapa type mobil baru dan second terkadang terpaut harganya tidak teralu jauh.

10. Klo mau membeli secara kredit coba bandingkan beberapa Lembaga Pembiayaan / Bank / leassing untuk mendapatkan suku bunga yg ringan serta perimbangkan juga Paket Kridit yg di sodorkan dealer, biasanya dpnya ringan tapi suku bunga yg dikenakan cukup variatif.

11. Jangan terlalu skeptis dan kasar terhadap penjual mobil tersebut. Walaupun kita kurang percaya kepada penjual mobil, namun banyak juga penjual mobil yang benar-benar jujur serta tetaplah pada pendirian tapi jangan kasar, bersikaplah baik kepada mereka dan mereka pasti siap membantu Anda.

Sebagian dikutip dari : http://starlet2e.blogspot.com

Selasa, 08 Februari 2011

Tips Hemat BBM Mobil

Harga BBM Naik? Nih Cara Biar Mobil Tetap Gaya Tanpa Boros BBM!

Jakarta - Harga bensin non subsidi seperti Pertamax dan kawan-kawan yang melambung bikin resah otomania.  Pakai Premium lagi? Ah itukan keputusan singkat. Mending anggap saja cobaan ini sebagai latihan saat BBM subsidi benar-benar dihapuskan.

Perlu sekali dibuat penyesuaian agar konsumsi tak terlalu boros atau terbuang percuma. “Secara logika hal ini bisa dihitung,” papar Taqwa dari Garden Speed di Cilandak, Jaksel.

Gunakan kiat seperti memakai pelek aftermarket berdiameter lebih kecil atau hindari ubahan yang menjurus ke performa mesin berlebihan. Intinya adalah mengembalikan bobot mobil kembali mendekati spesifikasi pabrik. Untuk itu tak perlu mengorbankan modifikasi yang sudah dilakukan.

Lewat sedikit penyesuaian, besutan tetap gaya, tetapi konsumsi bensin tak terkuras secara signifikan.  Bahkan dengan kondisi mesin standar sekalipun, tetap bisa bertenaga.


Mesin

Ubahan ada pada  mesin dimaksudkan untuk mengembalikan performa seperti sediakala.

Sebutlah pemakaian header aftermarket dan muffler free flow dengan diameter kolektor lebih besar, akan membuat powerband mesin bergeser.

Bila tadinya peak power bermain di rentang putaran mesin 3.000-6.000 rpm, akan bergeser menjadi lebih tinggi dengan rentang 5.000-7.500 rpm. Secara tidak langsung, header dan muffler  free flow akan mengucurkan bensin lebih deras. Selain itu,  suara knalpot ngebas membuat kaki malas untuk angkat gas.

Kaki-kaki
Pemakaian pelek berdiameter besar dengan ban bertapak lebih lebar dari standar juga mengkontribusi konsumsi BBM berlebihan.

Bobot pelek yang lazim 30% lebih berat dari pelek standar dan tapak ban lebar membuat akselerasi mobil melambat. Untuk bisa ‘lari’ seperti kondisi semula dibutuhkan opening throttle lebih lebar yang artinya konsumsi BBM juga lebih banyak.

Pemakaian pelek aftermarket dengan diameter lebih kecil bisa menjadi pilihan bijak. Bila sebelumnya memakai pelek di atas 18 inci, kini cukup dengan 16-17 inci. Tentunya lebar tapak ban di atas 225 juga dibuat ringkas, 215/50-17.

Audio

Bagi penggemar audio, pemakaian subwoofer berdiameter besar,  boks subwoofer berbahan papan MDF hingga power amplifier berukuran besar, jelas menambah bobot mobil. Estimasi kasar bisa menambah antara 50-75 kilogram.

Artinya, bobot mobil yang makin besar akan menguras tenaga mesin lebih banyak yang notabene konsumsi BBM lebih banyak.

Bila pemanjaan kuping tak bisa ditawar, paling tidak ganti subwoofer dengan diameter yang lebih kecil dengan jumlah speaker yang lebih sedikit. Termasuk mengurangi volume boks subwoofer itu sendiri agar bobot bisa dikurangi.

Filter Udara

Sering dianggap sepele, filter udara aftermarket juga menyumbangkan angka konsumsi cukup tinggi. Terlebih untuk model open filter yang memiliki pori-pori penyaring udara lebih besar seperti K&N atau Hurricane.

“M.A.P sensor atau air flow sensor akan membaca pasokan udara yang lebih banyak sehingga ECU akan memberikan command untuk mengucurkan bensin lebih banyak pula, bahkan pada kondisi stasioner sekalipun,” papar Taqwa lagi.

Makanya, air filter cukup menggunakan versi bawaan pabrik tetapi selalu dijaga kebersihannya. Selama filter udara standar selalu bersih, konsumsi bisa terjaga tanpa mengorbankan performa.

sumber:

(mobil.otomotifnet.com) 
Selasa, 01 Februari 2011 15:01 WIB 

Sabtu, 05 Februari 2011

Kenapa mobil second ?

Banyak hal yang mendasari orang mengambil mobil second. Kenapa sih mesti second ? Umumnya sih karena harga yang lebih terjangkau, akan tetapi banyak pula yang berpikir lebih kritis dengan alasan menghindari Pajak Barang Mewah yang pastinya (selalu) menempel di semua produk  mobil baru di negri ini. Keuntungan dari mobil second sebagai berikut :

1. Harga lebih mudah (dari mobil baru tentunya)
2. Bisa menyesuaikan dengan budget sendiri untuk proses kredit
3. Tidak terkena pajak barang mewah (PPnBM, Bea balik nama, dll)
4. Biaya perpanjangan STNK (relatif) lebih murah

Akan tetapi ada juga beberapa kelemahannya :

1. Tidak bisa memilih sesuai dengan kondisi yang diinginkan (seperti warna, kondisi mesin bahkan merk sekalipun)
2. Mencari mobil second sesuai kebutuhan mesti sabar hingga apa yang diinginkan (mendekati) dengan apa yang didapatkan ... bayangkan klo ngak sabar -- bisa salah beli/menyesal
3. Down payment dan Suku bunga kreditnya lebih tinggi dari mobil baru, Dp minimal 25% sedangkan untuk mobil baru hanya 10% sedangkan bunga bisa up sampai 2%
4. Tetap menyiapkan dana khusus setelah kendaraan diterima ... minimal untuk Tune up dan ganti olie

Perlu diperhatikan juga hati-hati terhadap mobil second yang harganya jauh dibawah harga pasaran. Banyak sekali terjadi penipuan dengan berbagai modus pada mobil second ini. Semoga artikel ini dapat membantu dalam memutuskan pembelian sebuah mobil second.