This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Minggu, 31 Juli 2011

Mengenal Varian Jenis-jenis Shockbreker Mobil


Selain untuk menopang mobil, sokbreker juga berfungsi sebagai peredam gaya tekan yang terjadi berdasarkan kondisi jalan, gaya mengemudi dan pantulan per. Namun karena kondisi jalan tidak selalu bersahabat ditambah cara mengemudi yang agresif, umur pakai sokbreker alias peredam kejut ini tentu makin cepat.


Di pasar tersedia beragam pilihan sokbreker pengganti. Mulai komponen orisinal standar pabrik, produk aftermarket yang sejenis dengan standar, sokbreker dengan spesifikasi khusus untuk balap, hingga produk rakit ulang (rebuilt). Tentu harganya juga berbeda-beda. Sebelum memilih, sebaiknya ada pemahaman tentang karakter sokbreker, sehingga tidak terjadi salah pilih.

Berdasarkan arah gerakan, sokbreker dibagi atas single dan double action. Untuk single action, gaya redam terjadi hanya pada langkah memanjang (rebound stroke). Namun pada model double action, gaya redam terjadi baik pada saat memanjang atau memendek (bound stroke). Alhasil sokbreker tipe double action lebih nyaman digunakan ketimbang single action karena setiap gaya tekan diredam dengan baik.

Sementara dilihat dari isinya, sokbreker dibagi menjadi jenis oli dan gas. Kelebihan sokbreker gas adalah responsnya yang lebih cepat dibanding jenis oli. Akibatnya mobil tidak mudah limbung, meski kenyamanannya saat menerjang lubang jadi berkurang. Meski disebut sokbreker gas, tapi bagian dalamnya tetap menggunakan oli dalam jumlah besar.

Alasannya adalah karena komponen bergerak di dalam sokbreker butuh pelumasan, dan bila hanya terisi gas maka reaksi jadi terlalu cepat sehingga mobil menjadi sangat tidak nyaman. Temperatur sokbreker juga lebih tinggi akibat gesekan, hal ini bisa membuat sil-sil penyekat menjadi lebih cepat aus.

Hal lain yang juga patut diperhatikan saat memilih sokbreker adalah panjang maksimum saat gerakan memanjang. Serta pendek minimum saat memendek. Hal ini diperhitungkan dengan jarak main dari per mobil.

Jika panjang maksimum per kurang dari yang dibutuhkan, maka beban mobil saat berayun akan dipikul oleh sokbreker. Demikian pula bila panjang minimum saat memendek kurang dari yang dibutuhkan akan terjadi hal yang sama. Alhasil sokbreker jadi cepat rusak akibat memikul beban berlebih.

Bagaimana dengan sokbreker rekondisi? Produk ini tidak dianjurkan untuk dipakai karena kualitasnya tidak jelas. Cairan yang disuntikkan tidak mungkin dapat bercampur sempurna dengan yang ada di dalam karena oli yang ada sudah mengalami kejenuhan.

Meski lebih murah tapi kualitas redaman dan umur pakainya tidak akan sebaik yang baru. Belum lagi risiko bocor dari bekas lubang suntikan akibat proses penambalan yang tidak bisa sempurna. Maunya berhemat malah akan merepotkan di kemudian hari.

Sokbreker gas tidak mungkin disuntik. Karena begitu dilubangi, gas pengisinya akan segera keluar. Jika dipaksakan hanya akan mengubahnya menjadi sokbreker oli.

Pertimbangan terakhir adalah kebutuhan. Jika hanya untuk kondisi normal, shock absorber standar pabrik ataupun aftermarket yang sejenis sudah cukup. Namun jika ingin sedikit lebih stabil namun tanpa mengurangi kenyamanan tersedia beragam pilihan di pasar.

Patut diingat, harga untuk spesifikasi khusus tentu lebih mahal dari model standar itu. Lalu, gaya redam besar dapat meningkatkan pengendalian namun mengurangi kenyamanan. Sebaliknya, memilih sokbreker yang lebih empuk tentu mengurangi kemampuan bermanuver meski makin nyaman.

Kapan harus ganti sokbreker ?
Ada beberapa hal yang bisa dijadikan patokan sokbreker sudah waktunya diganti.

  1. Lihat keausan ban yang tidak merata. Sokbreker rusak menjadi salah satu penyebabnya.
  2. Perhatikan saat mobil melalui polisi tidur, jalan berlubang atau rel kereta api. Bila mentok atau kandas berarti sokbreker perlu diganti.
  3. Atau mungkin Anda pernah merasa setir seringkali membuang dan sulit dikendalikan? Jika iya, itu adalah salah satu akibat dari sokbreker yang sudah ‘mati’.
  4. Lihat kondisi fisik sokbreker. Jika ada lelehan oli keluar dari tabungnya, berarti ada kebocoran dan wajib diganti.
  5. Tekan ke bawah area bodi di dekat suspensi beberapa kali lalu lepaskan. Kalau ayunan tidak segera berhenti maka bersiaplah membeli sokbreker baru.

Tips Persiapan Berkendara Mobil Pada Saat Sebelum Digunakan

Sebelum beraktifitas kendaraan juga memerlukan persiapan seperti halnya manusia sebelum beraktifitas, hal ini dikarenakan untuk mengetahui apabila ada yang tidak normal pada kendaraan Anda pemeriksaan sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum kendaraan digunakan, berikut adalah tips-tips yang perlu anda lakukan dalam persiapan kendaraan sebelum digunakan antara lain :

  • Periksa kondisi oli mesin
Periksa jumlah oli mesin menggunakan dipstik,pastikan jumlahnya masih dalam ambang batas yang disarankan,periksa juga kekentalan oli dan juga warna oli mesin,pastikan warna oli tidak terlalu hitam pekat atau mengandung geram-geram bekas pembakaran.
  • Periksa kondisi cairan pendingin mesin
Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari mesin kekurangan cairan pendingin
sehingga tidak mengalami overheating.
  • Periksa juga kodisi cairan lainya.
Cairan disini berupa minyak rem, minyak power steering, oli transmisi otomatik.
  • Periksa kondisi tali kipas
Pada model-model mobil lama perlu pengecekan pada tali-tali penggerak komponen pendukung mesin seperti tali kipas, tali AC, dan tali alternator, pemeriksaan meliputi kondisi fisik berupa keretakan dan kekencangan tali.apabila saat pertama start mobil mengeluarkan bunyi srik-srik dapat dipastikan kondisi tali pada kendaraan anda tidak bagus.
  • Periksa tekanan ban
pemeriksaan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kenyamanan saat berkendara.
  • Start mesin selama beberapa saat
bersamaan dengan start mesin periksa juga lampu-lampu, Wiper, Washer, AC,dan Power Window berfungsi dengan baik.

Setelah Anda periksa dan memastikan semuanya dalam kondisi bagus maka kendaraan Anda sudah siap untuk diajak beraktifitas,
bila terjadi ketidak normalan pada kendaraan Anda segera lakukan perbaikan pada dealer resmi mobil Honda terdekat dikota anda.

SELAMAT MENCOBA

Selasa, 26 Juli 2011

Cek Mesin Lewat Ujung Knalpot

Bepergian jarak jauh dengan mobil (bensin) pribadi untuk berlebaran sebentar lagi dengan sanak saudara di kampung halaman, ada baiknya persiapkan kondisi mobil.  
Paling utama, mesin karena rewel di perjalanan nanti bisa membatalkan acara perjalanan Anda. Apalagi jalan yang dilalui beragam kondisi, di antaranya jalanan menanjak berkelok-kelok, jalan menurun, jalan bebas hambatan, dll.

Nah, untuk mengetahui kondisi dapur pacu, tak perlu membuka kap mesin. Repot mencopot busi, terus teliti satu persatu kabel busi (untuk yang masih karburator) dan komponen lainnya.
Tapi cukup hanya cek kondisi mesin dengan melihat ujung knalpot mobil Anda.

Mari Kita lihat bukti fisiknya :

Kerak Hitam
Di ujung knalpot banyak kerak menandakan terlalu banyak bensin yang terbuang lewat asap knalpot. Penyebabnya, biasanya konsumsi bensin sangat boros dan tenaga kurang, terutama pada akselerasi awal. Bisa disetel sistem karburasinya.

Kerak Abu-abu
Kondisi ini menandakan pembakaran di mesin sempurna. Campuran udara, bensin dan pemantik api dalam kondisi ideal hingga pembakaran didapat.Dalam kondisi lalulintas padat (macet) sulit dirapat kerak abu-abu. Karena bensin mentah banyak terbuang melalui knalpot. Meski setelan mesin sudah ideal, kadang ujung knalpot berkerak hitam.
Untuk mengetahuinya, geber mobil pada rpm tinggi di jalan bebas hambatan. Tahan selama beberapa menit, selain untuk membuang sisa kerak di ruang bakar, juga efekttif mengetahui kondisi ujung pipa knalpot.

Percikan Air
Kejadian ini normal saat kondisi mesin masih dingin. Sumber air bukan dari mesin, namun efek kondensasi (embun) di saluran knalpot. Seiring dengan naiknya suhu di dalam pipa dan muffler, percikan air akan hilang. Kondisi ini sekaligus mengindikasikan saluran pipa yang bersih dari lelehan oli atau kerak yang menumpuk.

Arti Pentingnya Busi

BENTUKNYA memang kecil, namun peranannya sangat vital bagi kendaraan. Karena itu jangan sembarangan pilih busi. Salah-salah, sistem pengapian mesin kendaraan Anda dapat terganggu. Perhatikan kode dan spesifikasinya.

Gangguan yang terjadi bisa berupa percikan bunga apinya kecil atau bahkan bunga api tidak memercik sama sekali. Bisa juga kesalahan memilih busi mengakibatkan timbulnya gejala knocking (ngelitik).


Dua hal di atas terkait dengan peran busi dalam sistem pengapian. Bunga api kecil biasanya karena nilai hambatan busi tidak sesuai dengan yang dibutuhkan pada sistem pembakaran. Sementara ngelitik muncul biasanya karena pembakaran bahan bakar dipicu oleh panasnya busi, bukan oleh loncatan bunga api. Jika kondisi ini dibiarkan, lama-lama akan merusak mesin. Terutama piston dan silinder mesin yang mengalami keretakan.

Kesalahan dalam mengganti busi ini menjadi semakin mungkin terjadi mengingat banyak beredarnya busi palsu di pasaran. Untuk membedakannya sangat sulit karena secara fisik yang asli dan palsu 100 persen sama. Karena itu, jika hendak membeli busi, yang pertama disarankan adalah belilah busi di bengkel-bengkel resmi.

Yang tidak kalah penting, perhatikan kode busi. Kode ini menentukan spesifikasi busi seperti fisik, besar tahanan maupun nilai panas busi yang sesuai dengan mesin pada masing-masing kendaraan. Biasanya pada buku manual, pabrikan sudah menginformasikan merek dan tipe busi yang cocok. Kita tinggal mengikuti instruksi-instruksi tersebut.

Di buku manual juga diinformasikan kapan waktunya melakukan penggantian. Penggantian biasanya harus kita lakukan setiap 20.000 km atau sekira dua tahun. Kecuali busi yang terbuat dari bahan iridium yang tetap bisa tahan sampai 100.000 km. Sedangkan tanda-tanda kapan harus mengganti busi, yaitu tenaga mesin yang terasa kurang atau mesin terasa brebet.

Tanda lainnya adalah mesin susah dihidupkan. Busi aus yang masih digunakan pastinya juga akan menghasilkan emisi yang jauh lebih besar, sehingga ketika mengikuti uji emisi, besar kemungkinan kendaraan Anda tidak akan lulus uji emisi.

Minggu, 24 Juli 2011

Honda Jazz & Civic Raih Penghargaan Dalam Ajang Indonesia Best Brand Award 2011


Jakarta, 20 Juli 2011 – Honda sekali lagi mendapat pengakuan sebagai merek terbaik di Indonesia dengan meraih penghargaan kategori CityCar/Hatchback dan Kategori Sedan Kecil < 2.000cc terbaik di ajang Indonesian Best Brand Award (IBBA) 2011, 19 Juli 2011 di Jakarta.

Dalam ajang IBBA 2011 ini, secara keseluruhan Honda Jazz dan Honda Civic berhasil mengumpulkan poin tertinggi berdasarkan pilihan konsumen dalam survei yang mengukur nilai kualitas suatu merek. Survei yang dilakukan oleh majalah SWA bekerjasama dengan Lembaga Marketing & Specialist Research (MARS) tersebut dilakukan terhadap 5.257 responden di 7 kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar dan Banjarmasin di Indonesia yang telah berlangsung dari bulan Maret-Mei 2011.

Jonfis Fandy Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengungkapkan dengan perkembangan merek yang demikian pesat, setiap perusahaan membutuhkan inovasi dan kualitas produk yang terus terjaga untuk dapat merebut hati konsumen, “Honda telah mendapatkan penghargaan Best Brand Award untuk kategori Best Sedan pada tahun 2008 dan 2010. Untuk menjadi sebuah merek yang berkualitas dibutuhkan proses yang panjang, mulai dari menghasilkan produk yang berkualitas, penjualan, hingga layanan purnajual. Semua usaha itu dilakukan untuk dapat melayani konsumen dengan sepenuh hati. Maka dari itu, kami mengucapkan terimakasih atas penghargaan ini, karena merupakan penilaian murni dari konsumen.”

Terdapat sebanyak 6 variabel yang diukur untuk menentukan nilai suatu merek yaitu Brand Awareness (popularitas merek), ad awareness (popularitas iklan), brand value, satisfaction & loyal index, pangsa pasar dan gain index. Dengan pendekatan yang multivariabel tersebut akan ditemukan standar kekuatan merek yang universal, baku dan bisa mencerminkan kinerja merek yang sesungguhnya serta dapat dipertanggungjawabkan secara akademis.

IBBA 2011 merupakan ajang penghargaan di bidang Marketing dan Brand yang telah diadakan sejak tahun 2002 selama sepuluh kali berturut-turut di Indonesia. Selain untuk kategori otomotif, penghargaan ini juga melibatkan berbagai kategori lain, seperti industri telekomunikasi, media, makanan dan minuman, obat, asuransi, perbankan, transportasi serta kosmetik.

Tips Mencuci Mobil Anda

Menjaga dan Merawat body cat kendaraan agar mengkilat di mobil Anda sangatlah penting agar umur cat mobil semakin terjaga. Tentu nilai jual mobil Anda tidak akan jatuh harganya. Memang butuh perawatan yang tepat dalam menyelesaikan eksterior mobil Anda. Salah satu pelajaran yang paling penting dalam Tips Mencuci Mobil kesayangan Anda yaitu :
  1. Yang pertama harus diperhatikan sering mencuci kolong mobil supaya pasir yang menempel di bagian kolong mobil tidak terlalu lama menempel dikarenakan pasir tersebut dapat mengandung air yang akan mempercepat terjadinya keropos pada bagian tersebut.Setelah semua bagian kolong mobil bersih jangan lupa periksalah lapisan cat anti karat yang telah diberi di bagian bawah mobil. Apa bila sudah mulai mengelupas segeralah beri kembali cat anti karat.
  2. Selalu mulai dengan benar mencuci mobil Anda dengan menggunakan alat yang tepat.
  3. Gunakan sarung tangan dalam mencuci mobil supaya cat anda tidak tergores oleh kuku atau lainnya. Lagi pula tangan Anda akan aman dari kotoran seperti oli atau sejenisnya. Usaplah mengunakan lap atau spons yang halus dan dibutuhkan kurang lebih 5 galon air untuk mencuci mobil. Dalam memilih sabun pencuci jangan gunakan deterjen pakaian atau sabun colek bisa saja dapat merusak lapisan cat.
  4. Gunakan produk pencuci mobil khusus, kalo saya biasanya pake Meguiars atau Stoner. Tetapi perusahaan-perusahaan kini sudah banyak dalam membuat sabun pencuci mobil yang baik produk dengan pH seimbang, non-deterjen formula yang tidak akan menanggalkan lilin, dan menggabungkan dengan minyak silikon untuk mencegah goresan dan ditambah kondisioner untuk menjaga perlindungan mobil agar selalu tetap bersinar.
  5. Keringkan Mobil Anda dengan baik menggunakan kanebo secara merata, jangan sampai meninggalkan setetes air sedikit pun pada body mobil. Karena air yang mengering di body cat akan meninggalkan noda air, yang nantinya dapat merusak cat. Jangan menggunakan handuk proses pengeringan ini di klaim dapat menggores lapisan cat mobil Anda.
  6. Jika cat mobil masih terlihat kusam! Hal ini perlu dikonsultasikan oleh jasa Salon Mobil untuk mengatasinya.
  
Tips Tambahan :
  • Parkir Mobil di tempat yang sejuk seperti di bawah pohon atau lainnya.
  • Semprot mobil Anda dengan jumlah yang cukup air disaat mencuci. Dahulukan bagian noda dan kotoran yang menempel.
  • Pastikan mencuci dengan sabun langsung Anda bilas, sehingga sabun cuci mobil tidak kering sebelum dibersihkan.
  • Baca petunjuk pabrikan pada semua produk perawatan mobil sebelum digunakan.

Semoga Bermanfaat...
Salam 

Tips Bersihkan Interior Mobil

Interior bersih bukan hanya tampak enak di lihat, tapi juga baik untuk kesehatan Anda. 
Di bawah ini adalah beberapa tips bagaimana untuk Tips membersihkan interior mobil Anda.

Cara Membersihkan Debu dengan Benar pada Mobil Anda
Lepaskan karpetnya lalu vacuum lantainya, kursi, dan jangan lupa karpetnya juga. Yang terpenting daerah yang banyak meninggalkan banyak debu kadang kita melupakannya antara lain bawah kursi, di sekitar pedal dan daerah antara kursi depan dan pusat konsol.

Cara Membersihkan Jok Kulit Mobil
Apabila jok mobil anda dari kulit berhati-hatilah dalam menggunakan vacuum cleaner jangan sampai digaruk terlalu dalam nanti jok kulit Anda akan tergores. Jangan juga menggunakan lap basah bisa menyebabkan tekstur kulit menjadi keras dan kaku. Satu lagi perawatan yang paling baik pada jok kulit Anda agar terjaga kelembutannya dan lentur, gunakan handbody wanita merek apa aja, kemudian oleskan pada permukaan kulit lalu usap dengan lap kering. Ini satu lagi yang paling penting jika ga sengaja ketumpahan minuman segeralah usap menggunakan tisu, kalo terlau lama dibiarkan bisa juga merusak tekstur pada kulit jok mobil Anda.

Cara Membersihkan Jok Kain Mobil
Ada sejumlah agen pembersih pelapis yang tersedia. Di sini saya menggunakan semprotan pembersih dari Turtle Wax. Cukup semprot secara merata pada pelapis kursi atau pintu dan gosok dengan penuh semangat "Tapi jangan semangat 45 ya".hehe..he. Lanjut kemudian, bersihkan dengan seksama dengan kain kering.
Jika Anda tidak memiliki pembersih jok, menggunakan deterjen juga bisa namun campuran deterjen sedikit saja lalu campurkan dengan air hangat, celupkan kain bersih ke dalamnya, peras dengan baik dan kemudian usap kursi perlahan-lahan. Jika kursi Anda sangat kotor dan terdapat noda gosok ambil kain basahi air hangat yang telah dicampur dengan deterjen peras sedikit kemudian usapkan lalu segeralah usap dengan kain kering jika masih basah pake hairdryer atau di angin-angin pake kipas angin.
Jangan merendam kursi dengan air, akan menyebabkan noda pada kursi dan bisa meninggalkan bau tak sedap.

Cara Membersihkan Karpet Mobil
Bersihkan karpet dengan deterjen cucian gosok perlahan-lahan dengan sikat lalu usap dengan kanebo atau lap kering kemudian jemur. Jangan merendam karpet dengan air, akan menyebabkan bau jamur dan korosi di bawah karpet.

Membersihkan dan Polishing Dasbor

Gunakan sikat lembut untuk dashboard dan pintu. Jangan menggunakan lap setengah basah jika membersihkan panel instrumen atau tombol-tombol bisa jadi terjadi kerusakan atau konslet. Jangan juga menyemprotkan air langsung pada stereo, gunakan sikat sebagai gantinya.

Bagaimana menghilangkan bau apek dari AC
Jika Anda mengalami bau yang tidak menyenangkan dari ventilasi AC yang telah dihidupkan, Anda dapat mencoba salah satu cara dengan membeli parfum mobil yang dapat dibeli di toko. Pilih pengharum yang berbau soft/lembut seperti buah-buahan, rose, dll agar memberikan kenyamanan pada saat Anda berkendara.
Pernah terjadi kasus sudah pake pengharum AC yang dibeli di toko tapi kok masih bau apek ya malah aromanya seperti bau jamur lembab, itu akibat didalam ventilasi AC mobil anda terdapat kuman atau jamur yang hidup di ventilasi AC Anda tentunya sangat mengganggu kan. Ini mudah cara mengatasinya yaitu membeli spray pembunuh bakteri dan jamur bisa dibeli di toko jika tidak ada bisa juga dibeli di asesoris mobil terdekat. Kalo saya biasanya menggunakan merek "Wynn" terbukti ampuh, kemudian cukup semprotkan ke intake ventilasi AC udara Mobil Anda (jangan lupa baca petunjuk cara pemakaiannya).
Jika masih tidak mempan bisa jadi ada penyumbatan pada tabung AC akibat kotoran atau kerak, ini bisa jadi timbulnya jamur. Kalo gini terpaksa deh bawa ke tukang service AC mobil biar menanganinya.

Honda Fit Sporty Custom Japan

Satu lagi yang bikin saya menjadi terinspirasi dari hasil karya modifikasi anak Jepang ini. Yaitu Honda FIT yang namanya berbeda dengan di Indonesia dengan nama Honda JAZZ. Menjadikan model standart bawaan pabrik dibuat menjadi semakin sporty dan layak diacungi jempol untuk eksteriornya. Namun sayang Saya belum dapat data untuk interiornya mengenai spesifikasinya. Langsung aja deh lihat sapa tau ada yang ingin mengikuti jejak mereka.

Tips Memanaskan Mesin Mobil Dengan Baik

Memanaskan mobil adalah sangat penting, terutama mobil yang sudah lama tidak lama dipakai atau jarang sekali dipakai. Hal ini menyebabkan oli dimesin mengendap dibawah mesin. Jadi sirkulasi oli tidak mengalir tidak seperti mesin baru saja dinyalakan. Walaupun teknologi oli brand terkenal sudah menambahkan zat khusus pada oli-nya ya tetap saja akan menempel pada bagian mesin yang tercampur dengan oli mesin,

tapi sebagai pengemudi yang sayang mobil nya tidak salah apabila kita mempunyai kebiasaan memanaskan mobil. perlu diingat dirasa tidak perlu memanaskan mobil Lebih Dari 5 Menit. Berikut Tips yang perlu disimak untuk memanaskan Mobil.

Memanaskan Mobil Cukup 5 menit saja
mobil sekarang kan sudah ada indikator suhu mesin, jadi mobil yang dipanaskan selama 5 menit sudah mencapai “suhu kerja” yang baik lalu indikator temperatur yang ada didasbor bekerja menunjukan posisi jarum ½ atau 1/3.

Memanaskan Mobil Tidak Usah Injak Gas
Apabila mobil anda harus menginjak pedal gas ketika menyalakan, injak-injak pedal gas sebelum distarter (terutama mobil dengan karburator sedangkan untuk mobil sudah injection langsung starter dan tidak perlu injak gas), kemudian starter mobil anda tanpa menginjak pedal gas, biarkan saja mesin nyala dengan langsam, tidak usah injak-injak pedal gas, karena akan merusak mesin apabila kalau mesin belum sampai pada suhu kerjanya.

Matikan AC Jika Mobil Dinyalakan
Saat pada kondisi mesin mobil sedang dipanaskan, AC harus dalam keadaan mati, karena apa? mesin yang belum mencapai suhu kerja apabila AC sudah dinyalakan akan membuat beban mesin bertambah, padahal kerja mesin belum maksimal.

Cara Merawat Aki Mobil

Aki mobil atau accu adalah bagian terpenting dari kelistrikan sebuah kendaraan, dan yang satu aki ini sering kita lupakan perawatannya. Mobil sulit di start di pagi hari, adalah salah satu akibat yang ditimbulkan dari :

  1. Clamp Pengikat kutub + dan – aki yang kurang kencang, atau timbulnya kerak putih disekitar kepala aki.
  2. Kondisi air accu (electrolit) yang kurang sesuai dengan yang dipersyaratkan di bagian luar aki.
  3. Bagian body accu sudah mengembung atau bocor.
tips agar aki tambah awet
Tips :
  • Lakukan pengecekan air aki secara rutin, tambah jika kurang
  • Pergunakan air aki berbotol biru.
  • Bersihkan terminal aki jika terdapat kerak berwarna putih.
  • Ganti aki jika sudah gembung, atau bocor.
Alternatif : Gunakan Aki Free Maintenance Accu yaitu jenis Aki yang tidak memerlukan penambahan air aki, kalo emang rusak memang harus diganti baru, tapi untuk usia aki Free Maintenance ini cukup lama kok kurang lebih 2 tahun. Untung dari pihak HPM (Honda Prospect  Motor) di setiap unit mobil Honda sudah menggunakan AKI Free Maintenance jadi tidak terlalu repot untuk merawatnya, paling cuma ngecek aja di indikator pada Aki tersebut apakah dalam kondisi baik atau tidak.







Mudah-mudahan tidak terjadi seperti ini bos....hehehehe...ehe
mobil mogok

Sabtu, 23 Juli 2011

Sales Marketing Honda Cendrawasih Semarang

Saya adalah Sales Marketing staf dari dealer resmi Mobil Honda di Semarang.

Dimana www.mobil-honda.blogspot.com melayani pembelian dari wilayah Semarang, Kendal, Demak, Ungaran, Salatiga, Purwodadi, dan Ambarawa.

Akan tetapi diluar wilayah tersebut saya akan berusaha membantu calon konsumen yang menginginkan pembelian melalui kami dengan syarat serta kondisi tertentu. Para konsumen saya selain di wilayah Jateng, tersebar di luar daerah mulai dari Jepara, Cepu, Blora, Pati, dan Kudus.

Situs On line ini dibuat dengan tujuan memudahkan para konsumen Honda untuk mencari Informasi, Program, serta Penawaran Khusus dari Saya selaku Staf dari Dealer Resmi Mobil Honda Semarang.

Dimana saya pribadi ingin memberikan nuansa baru yang inovatif, kreatif, serta informatif dalam memberikan service bagi para calon konsumen serta konsumen yang senantiasa membutuhkan informasi tentang mobil honda, dan harapan saya semoga situs saya ini  bisa menjadi bahan referensi serta menjadi andalan bagi semua orang terutama para calon konsumen.

Alhamdullilah, selama ini konsumen yang beli mobil dengan saya menilai pelayanan saya tidak ada masalah dan saya tidak pernah terlibat kriminal ataupun kasus yang melibatkan konsumen dengan saya. Jadi untuk anda para calon konsumen, tidak ada alasan untuk takut ataupun ragu membeli mobil Honda di www.mobil-honda.blogspot.com karena jika saya sudah terlibat kasus dengan konsumen, nama saya atau pun situs www.mobil-honda.blogspot.com sudah negatif reputasinya di dunia maya, karena saya juga aktif bergabung di berbagai komunitas on line dan forum khusus otomotif. Walaupun ada beberapa orang atau pihak yang tidak menyukai keberadaan saya dengan menjelekan dan mengatasnamakan saya, saya anggap itu sebagai dorongan untuk selalu bisa bersabar dalam bekerja.

Karena Saya bekerja bukan untuk pribadi semata, tapi untuk keluarga yang harus saya nafkahi, jadi saya serahkan pada Yang Kuasa untuk membalasnya dihari nanti.


karena kesempurnaan hanya milik ALLAH swt, Amin.



Salam Hormat Saya,

Roy Zakki Wijaya
Sales Marketing
Dealer Resmi
0819.288.20.289 atau 024-70.185.499
support Dealer by 
Honda Cendrawasih - Honda Semarang Center- Honda Gajahmada - Honda Kusuma





Untuk Memperbesar Letak Posisi Dealer Klik Link Berikut
Honda Cendrawasih Semarang
Bentuk Map Dalam Ukuran Besar

Kamis, 21 Juli 2011

Buku Tamu Honda dan Tuker Link

Jika ingin Tuker Link silahkan tinggalkan Komentar dibawah ini.
Jangan lupa untuk link balik ya...
Format Tukar Link :
  • Name : Honda Semarang Center
  • Link : http://www.mobil-honda.blogspot.com/
Jadi kalau digabungin jadinya seperti ini =  
<a href="http://www.mobil-honda.blogspot.com/
" target="new">Honda Semarang Center</a><br/>
Tinggal Copy aja and Paste

Brosur Spesifikasi Honda Review

*** KETERANGAN : BROSUR SPESIFIKASI MENGENAI HONDA HANYA BISA DILIHAT DI KOMPUTER/LAPTOP, UNTUK MEDIA HANDPHONE SEJENIS BLACKBERRY DAN IPOD TIDAK SUPPORT UNTUK MELIHAT BROSUR INI.
- TERIMA KASIH -

Maaf Jika Brosurnya agak lama terbuka, Jadi tunggu Proses Loadingnya. ( Ga lama kok )

Rabu, 20 Juli 2011

Cara-cara Test Drive Baik

Melakukan test drive jadi bagian penting dari proses mencoba kendaraan mobil Honda atau membeli mobil. Tujuannya agar si peserta dapat merasakan kelebihan dan keunggulan teknologi mobil Honda dari yang lain.

Lewat sesi test drive, calon peserta bisa mendapat informasi mendalam, sementara sales person bisa menjelaskan fitur-fitur yang dimiliki mobil Honda.

Sedikit gambaran apa saja yang harus dilakukan dalam memanfaatkan sesi test drive sebaik mungkin :

  1. Siapkan SIM dan tanda pengenal lain yang diperlukan untuk adminitrasi di dealer Kami. Dari rumah, juga sudah persiapkan kira-kira kebutuhan mobil seperti apa, termasuk fitur-fiturnya. Ini mencegah calon konsumen kehilangan orientasi ketika salesperson menawarkan beragam fitur yang menarik.
  2. Setelah administrasi beres, salesperson akan menyiapkan unit mobil test drive.
  3. Setelah siap, sales person akan menemani Anda. Saya sebagai salesperson akan menjelaskan lebih mendalam tentang mobil Mobil Honda.
  4. Kami pihak dealer sudah punya rute yang dipersiapkan untuk sesi test drive. Rute ini dirancang agar si peserta bisa memberi pengalaman mengemudi di berbagai kondisi seperti jalanan kota, tol, jalan berliku/perbukitan, beragam kondisi lalulintas dan menunjukkan bagaimana mobil ini merespon aneka kondisi itu.
  5. Biasanya sesi pertama salesperson yang akan berada di samping kemudi menjelaskan driving dynamics mobil. Calon peserta Test Drive bisa mengeksplorasi fitur-fitur yang ada seperti semudah apa mengatur kursi, pengaturan suhu, dan tombol-tombol entertainment system. Termasuk seberapa lapang ruang kaki dan kepala serta keunggulan dari Mesin Honda.
  6. Saat berada di balik kemudi, calon peserta bisa memanfaatkan untuk mengekplorasi driving dynamics mobil. Jangan lupa untuk memeriksa seberapa mudah mengatur kursi, kemudi, spion dan seatbelt
  7. Jalankan mobil dengan normal kemudian jika Anda ingin mengendarai dengan ekstrim sebagai bentuk pengujian kehandalan mesin Honda Kami mengijinkan, namun kondisi ektrim tidak terjadi setiap hari. Bila memungkinkan tambahi rute test drive dengan jalur yang sering anda lewati/bakal dilewati setiap hari untuk mengetahui karakter dan kenyamanan mobil.
  8. Beri perhatian pada blind spot (area yang tidak terlihat dari spion), respon mobil saat akselerasi, mengerem, dan menikung. Juga seberapa mudah di diparkir atau mundur.
  9. Test drive biasanya berlangsung 30 menit.
  10. Salesperson akan sangat menghargai calon pembeli yang menepati janji memberi jawaban beli atau tidak. Jika calon konsumen terlihat berminat, dealer bisa saja memberi kesempatan lebih banyak untuk test drive dalam waktu lebih panjang agar calon-calon pembeli benar-benar mantap dengan keputusannya.
    Formulir Test Drive Klik Tombol Dibawah ini

    Selasa, 19 Juli 2011

    Stok List Honda Terbaru

    *** KETERANGAN : INFORMASI STOK LIST HONDA HANYA BISA DILIHAT DI KOMPUTER/LAPTOP, UNTUK MEDIA HANDPHONE SEJENIS BLACKBERRY DAN IPOD TIDAK SUPPORT UNTUK MELIHAT INI.
    - TERIMA KASIH -






    *** Kontak Kami segera, agar Unit Mobil yang Anda minta dapat Kami prioritaskan.

    Salam
    Terima Kasih

    Rabu, 13 Juli 2011

    Tips Merawat AC Mobil Agar Awet

    Di kota-kota besar, keberadaan Ac mobil menjadi sangat penting. Di tengah cuaca yang panas dan berdebu, jika AC mobil bekerja sempurna, maka berkendara dengan mobil akan terasa nyaman dan aman. Berikut tips perawatan AC mobil sendiri: 

    1. Jagalah kebersihan kabin dari debu dan kotoran. 
    Terutama karpet 2 lembar yang di depan, karena akan tersedot ke dalam evaporator, sehingga terjadi jamur dan spora yang berbahaya untuk kesehatan, serta menimbulkan bau tidak enak saat pertama kali AC dihidupkan.

    2. Semprotkan air pada Condensor AC
    Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak di depan radiator). Kotoran dan debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras dan menyebabkan keropos sehingga kondensor menjadi bocor.

    3. Pilih tempat parkir yang teduh
    Jika parkir untuk waktu yang cukup lama, pilih temapt yang teduh. Dimaksudkan untuk mengurangi lamanya proses pendinginan saat pengemudi masuk lagi ke mobil dan mengurangi beban pendinginan saat mobil berjalan.

    4.Periksa Ekstra Fan (kipas)
    Periksalah Ekstra Fan yang di depan kondensor, apakah hidup saat AC dihidupkan. Bila tidak, segera ganti, karena akan mengakibatkan compressor rusak atau selang high press bisa meledak.

    5. Jangan merokok dalam AC
    Asap rokok bisa mengotori evaporator dan menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang.

    6. Beban AC
    Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.

    7. Matikan AC sebelum menghidupkan mobil.
    a. Sebelum menghidupkn mesin, matikan AC dahulu, sesudah mesin stabil baru hidupkan AC.
    b. Matikan AC dahulu bila mau matikan mesin.

    8. Jangan memakai pengharum mutu rendah
    a. Pengharum mutu rendah akan menimbulkan bau dan susah dibersihkan.
    b. Jangan memakai pengharum model colok ke grill, sebab sering terjadi patah.

    9. Perhatikan gejalanya
    Kalau ada gejala yang tidak biasa, seperti AC kurang dingin, lebih baik segera ke bengkel spesialis AC mobil. Agar tidak telanjur rusak yang mengakibatkan biaya yang tinggi.

    10. Perawatan AC Rutin
    Lakukan perawatan rutin AC. Sangat disarankan setahun sekali, yang perlu diganti Receiver Dryer, Oil Compressor, service Blower, Evaporator, kuras Condensor dan freon. Agar komponen AC tahan lama dan udara yang berhembus selalu segar.

    (sumber : klipingku.com/)

    Bedanya Premium, Pertamax, dan Pertamax Plus

    Bagi anda yang belum tahu tentang perbedaan bensin premium, pertamax dan pertamax plus, berikut ini gambaran umumnya. Pertamax adalah bahan bakar minyak andalan Pertamina. Pertamax biasanya digunakan untuk kenderaan high-end atau tahun tinggi. Pertamax pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 sebagai pengganti Premix 98 karena unsur MTBE yang berbahaya bagi lingkungan. Unsur MTBE mengakibatkan pencemaran air tanah di Texas, Amerika Serikat.

    Petrol (biasa disebut gasoline di Amerika Serikat dan Kanada; di Indonesia biasa disebut bensin) adalah cairan campuran yang berasal dari minyak bumi dan sebagian besar tersusun dari hidrokarbon serta digunakan sebagai bahan bakar dalam mesin pembakaran dalam. Istilah gasoline banyak digunakan dalam industri minyak, bahkan dalam perusahaan bukan Amerika. Kadangkala istilah mogas (kependekan dari motor gasoline, digunakan mobil) digunakan untuk membedakannya dengan avgas, gasoline yang digunakan oleh pesawat terbang ringan. Karena merupakan campuran berbagai bahan, daya bakar bensin berbeda-beda menurut komposisinya. Ukuran daya bakar ini dapat dilihat dari bilangan oktan setiap campuran. Di Indonesia, bensin diperdagangkan dalam dua kelompok besar: campuran standar, disebut premium, dan bensin super.

    Oktan adalah angka yang menunjukkan berapa besar tekanan maksimum yang bisa diberikan di dalam mesin sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran bensin dan udara (berbentuk gas) bisa terbakar sendiri secara spontan sebelum terkena percikan api dari busi. Jadi, semakin tinggi angka oktannya, semakin lama bensin itu terbakar spontan. Pembakaran spontan ini menimbulkan ketukan di dalam mesin yang biasa disebut gejala ngelitik atau knocking. Pembakaran spontan ini sebisa mungkin dihindari dengan angka oktan yang tinggi. Jika masih menggunakan premium yang beroktan 88, maka mesin akan ngelitik atau knocking.

    Tips untuk memilih BBM yang baik untuk kendaraan kita adalah penggunaan angka oktan yang harus sesuai dengan tekanan kompresi kendaraan kita. Semakin tinggi kompresinya maka sebaiknya menggunakan BBM berangka oktan tinggi. Untuk kendaraan berkompresi dibawah 9:1 masih dapat menggunakan premium namun untuk kendaraan dengan kompresi 9,1:1 sampai 10:1 sebaiknya menggunakan pertamax atau sejenisnya dan kendaraan dengan kompresi 10,1 keatas sebaiknya menggunakan pertamax plus atau sejenisnya. Apabila penggunaan kadar oktan tidak sesuai maka dapat menyebabkan piston menjadi bolong contohnya jika mobil keluaran tahun 2000 menggunakan oktan 88? Yang jelas piston menjadi bolong.

    Bensin oktan 92 dikenal dengan nama Pertamax (produksi Pertamina), Super (produksi Shell), dan Primax (produksi Petronas). Sedangkan bensin oktan 95 biasa disebut Pertamax Plus (Pertamina), Super Extra (Shell), dan Primax95 (Petronas). Biasanya angka oktan rekomendasi pabrik ini dicantumkan dalam buku manual maupun di dekat tutup tangki bensin mobil.

    Struktur bensin yang baik adalah dengan komposisi n-heptana 0% dan iso-oktana 100%, n-heptana adalah rantai karbon lurus sedangakn iso-oktana adalah rantai karbon bercabang. Apabila struktur suatu BBM lebih banyak rantai bercabangnya maka bensin tersebut lebih sulit untuk terbakar dan dikategorikan dalam bensin bermutu baik sebaliknya bila komposisinya lebih banyak rantai karbon lurusnya maka bensin tersebut bermutu kurang baik.

    Ciri fisik:

        * Premium warna kuning
        * Pertamax warna biru
        * PertamaxPlus warna merah

    Perbandingan Angka Oktan dan Kompresi Pertamax dan Premium :

        * Pertamax Plus, Oktan= 95, Kompresi= 10:1 – 11:1
        * Pertamax, Oktan= 92, Kompresi= 9:1 – 10:1
        * Premium, Oktan= 82, Kompresi= 7:1 – 9:1

    Perbedaan pertamax dengan premium bagi performa mesin motor:

    Motor dengan spesifikasi bahan bakar Pertamax jika menggunakan Premium » performa mesin + umur pakai mesin menurun.

    Motor dengan spesifikasi bahan bakar Premium jika menggunakan Pertamax » tidak berpengaruh besar pada performa motor.

    Bila kedua jenis bahan bakar tersebut dipakai tidak sesuai dengan spesifikasi bahan bakar yang dibutuhkan mesin maka performa menjadi menurun. Hal itu berpengaruh terhadap emisi gas buang dihasilkan yang tentunya juga berpengaruh terhadap lingkungan.

    Penggunaan Pertamax lebih irit meski beban yang diangkut motor berat. Sebab tidak ada detonasi dan menghasilkan tenaga yang besar. Beda dengan pemakaian Premium. Gas harus dipelintir dahulu sehingga lebih boros.

    Perbedaan lainnya ada pada bau Pertamax yang lebih tajam lantaran menggunakan trik aromatic. Enggak hanya itu Pertamax juga lebih cepat menguap dibanding premium. Jika disulut api Pertamax akan lebih cepat menyambar ketimbang premium. Tapi jika dalam ruang bakar, Premium justru lebih mudah meledak (autoignition) dibanding Pertamax.

    Sebenarnya penggunaan jenis bahan bakar apa pun harus disesuaikan dengan kebutuhan mesin agar didapat hasil yang optimal, efektif dan efesien.

    Semoga bermanfaat...

    Selasa, 12 Juli 2011

    Tips Merawat Kaca Film Mobil

    Merawat kaca film mobil sebenarnya gampang-gampang susah, kaca film ini harus dirawat dengan baik, agar kaca film tidak terlihat buram dan cepat rusak.

    Berikut ini beberapa langkah perawatan kaca film pada mobil :

    1. Bila hendak membersihkan lapisan kaca film mobil hendaknya menghindari penggunaan cleaner yang mengandung soda seperti sabun cuci atau shampo rambut.
    Sebab, piranti penahan panas ini memiliki beberapa lapisan. Jika tersiram cairan bersoda, akan membuat satu lapisan kaca terkelupas.

    2. Membersihkan lapisan kaca film mobil, sebaiknya dibasuh dengan air bersih, kemudian gunakan lap lembut.
    Tujuannya, agar debu yang di lap tidak menggores permukaan kaca film.
    Jangan dibiasakan membuka kaca jendela tersebut, karena apa?
    Ketika melewati jalan berdebu. Hal ini akan menyebabkan debu menempel pada karet jendela, jika semakin banyak debu yang menempel pada karet jendela, ketika kaca dibuka maka kotoran atau debu yang menempel bisa membuat permukaan kaca mengelupas dan merobek kaca film. 

    3. Periksa karet jendela kaca mobil bagian dalam, bila terdapat kotoran maka segera bersihkan dengan menggunakan kuas atau sikat gigi.
    Caranya, turunkan kaca jendela auto film tsb sampai habis, kemudian sambil ditahan dengan jari, bersihkan bagian dalam karet jendela menggunakan kuas atau sikat gigi. Lakukanlah dengan hati-hati. 

    4. Hindari bagian dalam jendela kaca mobil dari goresan benda tajam terutama ketika Anda memasukkan barang ke mobil.

    5. Jangan biarkan kendaraan di parkir di bawah terik matahari langsung dalam waktu cukup lama.
    Itu bisa membuat kaca film memuai dan menimbulkan gelembung-gelembung.

    Selamat Mencoba.

    Sebab Ban Gundul Tidak Merata

    Terkadang Anda sedikit heran pada saat mengetahui kondIsi fisik kembang ban mobil Anda habis dan aus secara tidak merata. Ada yang aus bagian dalamnya atau luarnya. Kenapa bisa begitu ya??
    Mari saya jelaskan beberapa faktor biang penyebab ban gundul dan aus secara tidak merata yaitu :

    1. Ukuran tekanan angin ban mobil sering diabaikan.
    Terutama bila tekanan anginnya dibawah ukuran standarnya. Dampaknya kerja dinding ban lebih berat dan mengakibatkan defleksi yang berlebihan.
    Tak cuma itu, membuat serat baja di dalam lapisan ban menjadi cepat putus dan ban menjadi meletus.
    Jika tekanan angin kurang, tambahkan tekanan angin mobil Anda. Dan sebaiknya pengisian angin dilakukan saat ban dalam kondisi dingin seperti dipagi hari atau malam hari.
    Untuk melihat ukuran, biasanya tertera di pintu samping atau lihat dibuku manual panduan.
    Sebaliknya, jika tekanan angin terlalu keras dapat mengurangi daya cengkeraman ban. Akan lebih berbahaya saat kondisi jalan yang licin, saat hujan atau melindas ceceran oli yang tumpah diaspal jalan raya.


    2. Pecahan benda seperti batu, pecahan kaca atau mur, baut, pelat kerap terselip di sela kembangan ban.
    Ketika roda berputar, ban seperti dipalu berulang-ulang. Bukan tidak mungkin, seperti baut yang menempel cukup lama bisa menggembosi ban. Nah, ketika jalan terdengar bunyi, tik..tik..tik..tik, tandanya ada benda di ban dan cepat lepaskan.


    3. Toe In atau Toe Out Arah roda tidak searah secara horizontal baik ke dalam (in) maupun ke luar (out).
    Akibatnya, telapak ban bagian dalam (Toe in) atau luar (toe out) akan tergerus lebih cepat. Lakukan spooring dan balancing agar roda berputar di Aspal berpijak secara merata.


    4. Sudut Camber Negatif/Positif Kerusakan tie-rod, as roda atau bearing bisa berujung tidak serahnya roda secara vertikal (camber).
    Bisa camber negatif atau positif. Akibatnya seperti kasus toe in/out, telapak ban cepat rusak, bisa bagian dalam (negatif), bisa juga luar (positif). Segeralah lakukan spooring dan balancing.

    5. Pengereman dan Akselerasi Kasar saat mengendarai mobil.
    Yang belum dilengkapi ABS mengerem secara kasar, membuat kembang ban habis tidak merata.
    Apalagi sampai melakukan pengereman secara ekstrem, menyebabkan benang serat ban menjadi putus.
    Dan ketika melaju pelan akan terasa ban seperti benjol, tentunya kenyamanan berkendara menjadi terganggu.

    6. Pelek tidak sesuai ukuran dengan ban.
    Seperti memakai celana, paling enak jika ukurannya pas kan. Pelek dan ban juga demikian. Bila tidak sesuai, misal ban dipasang pada pelek yang ukurannya satu atau dua kali lebih besar dari pelek standar ban itu, jelas kerja dinding ban menjadi lebih berat. Pasalnya, sudut dinding ban menyempit dan mudah retak, pecah, atau benjol.

    7. Suspensi lemah dan tidak maksimalnya.
    Kerja komponen suspensi, seperti sokbreker dan per membuat telapak ban menjadi benjol-benjol.
    Semisal sokbreker sudah mati, tentu per tidak mampu menahan dengan sendirian. Ayunan mobil yang kuat, akibat lemahnya suspensi membuat ban menahan beban tidak merata.

    8. Mengemudi agresif tanpa disadari.
    Cara mengemudi yang kasar mempercepat habisnya kembang ban. Kadang terkelupas yang disebabkan menabrak lubang atau benda-benda yang keras.

    Senin, 11 Juli 2011

    The Upcoming New Sirion

    Tampilan baru
    All New Sirion, EveryTHINK Inside




    Klik untuk perbesar
    Klik untuk perbesar

    Klik untuk perbesar
     

    PESAN SEKARANG! 
    Hubungi kami segera. 0818699228 / 021-92147112