Senin, 04 April 2011

Kopling, transmisi dan differensial mobil baru

3 # 9 tulisan (semoga bermanfaat)

Melanjutkan spesifikasi mesin mobil terus masuk ke Kopling, transmisi dan differensial termasuk komponen utama dalam bergeraknya suatu kendaraan. Kopling merupakan merupakan alat penghubung antara transmisi dan differensial, karenanya fungsinya sangat vital dalam lajunya kendaraan tersebut.
Kopling dibagi dalam 2 bagian, yaitu kopling gesek dan kopling fluida. Kopling gesek dibuat dari bahan asbes sehingganya lebih tahan terhadap gesekan dan panas. Kopling gesek digunakan untuk kendaraan bertransmisi manual (M/T). Untuk kopling fluida (bahan cair minyak ATF) digunakan untuk kendaraan transmisi A/T

Transmisi ada dua juga M/T (Manual Transmision) dan A/T (Automatic Transmision). Keguanaan utama transmisi adalah mengatur irama kecepatan mesin sesuai dengan kecepatan kendaraan. Semakin cepat kendaraan semikin tinggi pula urutan transmisi yang digunakan. Urutan Transmisi 1,2,3,4,5, N (netral) dan R (Reverse) bahkan untuk mobil balap seperti F1 transmisi yang digunakan bisa sampai angka 7 dan tentunya sangat kencang sekal.

Untuk Transmisi A/T pengaturannya sudah diatur sedemikian rupa sehingga untutannya hanya ada N, D3, R (Netral, Maju dan mundur) sekarang sudah ditambahkan dengan D untuk maju kondisi tanjakan tajam.

Terkahir adalah differensial yang berfungsi memutarkan roda-roda dengan serangkaian pemindahab daya. Dikenal istilah 2WD dan 4WD. FourWheelDrive (4WD) differensial yang bisa menggerakkan keseluruhan (4 roda) yang dimikinya, umunnya digunakan untuk kendaraan dijalanan konstruksi kasar seperti berlumpur, bebatuan dan olah raga Off Road

Next ... sistem kemudi

0 komentar:

Posting Komentar